Rabu, 05 Desember 2012

Kampung Ladang Outbound Camp, Saksi Bisu Serunya Sosialisasi SPAN Pegawai KPPN Medan I

Pada hari Sabtu (1/12) lalu, para pegawai KPPN Medan I melangsungkan acara Sosialisasi SPAN Pegawai KPPN Medan I.  Acara bertema smart and fun diadakan di Kampung Ladang Outbound Camp, Tuntungan.  Tujuan acara ini adalah pemahaman lebih lanjut mengenai Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) yang akan diimplementasikan mulai tahun 2013, sekaligus sarana penyegaran diri bagi para pegawai KPPN Medan I menjelang akhir Tahun Anggaran 2012.


"SPAN adalah sistem pengelolaan keuangan negara yang terintegrasi dan berbasis teknologi informasi.  SPAN menyatukan seluruh operasional penganggaran dan perbendaharaan negara ke dalam satu sistem yang terintegrasi.  Pengembangan SPAN dilakukan oleh tim terpadu dari Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Anggaran, dan Pusintek (Setjen Kemenkeu) yang disebut dengan Tim Reformasi Penganggaran dan Perbendaharaan Negara (RPPN)." (Kabar SPAN volume 7 2012).

Para pegawai berangkat menggunakan bus pagi hari pukul 08.30 WIB, perjalanan ditempuh selama sekitar satu jam.  Setibanya di Kampung Ladang, tim KPPN Medan I langsung dibagi menjadi 4 (empat) kelompok dengan beranggotakan masing-masing 7 (tujuh) orang.  Nama-nama tim diambil dari istilah-istilah dalam SPAN, seperti Portal, SAKTI, Transformasi, dan sebagainya.  Kemudian semua kelompok mengikuti semacam lomba yang sifatnya smart and fun : mengasah pemahaman pegawai mengenai SPAN; diantaranya lomba menyusuri jalur labirin sesuai urutan pembayaran proses tagihan dalam SPAN, lomba menyusun 8 (delapan) modul dalam SPAN, lomba presentasi dan kreativitas SPAN, lomba cerdas-cermat seputar SPAN, dan sebagainya.  Rangkaian kegiatan ini dibimbing dan diawasi langsung oleh Ibu Ria Hot Juanita Simbolon selaku Kepala KPPN Medan I, Ibu Febe Debora Sinlaeloe selaku Duta SPAN Unit KPPN Medan I (Beliau juga sehari-hari menjabat sebagai Kepala Seksi Bank/Giro Pos KPPN Medan I), dan Bapak Kusnedi selaku Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi KPPN Medan I.



Lomba berlangsung seru, meriah, dan pastinya penuh dengan canda tawa.  Melalui berbagai macam kegiatan ini, para pegawai diharapkan semakin memahami istilah-istilah dan proses bisnis dalam SPAN, sehingga saat implementasi tahun 2013, pegawai KPPN Medan I telah siap menghadapi perubahan dan berperan langsung dalam mensukseskan SPAN, serta memiliki jiwa kreatif dan inovatif.
Lomba presentasi SPAN.  Salah satu kegiatan untuk mendukung pemahaman pegawai mengenai SPAN sekaligus melatih kepercayaan diri

Selepas istirahat dan makan siang, tim mengikuti rangkaian kegiatan outbound yang dipimpin langsung oleh para instruktur dari Kampung Ladang Outbound Camp.  Diawali dengan Ice Breaking yang merupakan rangkaian gerakan yang menuntut kekompakan tim dan konsentrasi : The Vampire, Chicken Dance, dan sebagainya.  Sesuai namanya, kegiatan Ice Breaking bertujuan untuk memecah suasana dan kebekuan antar pegawai.  Setelahnya, tim kembali dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok dengan beranggotakan masing-masing 11 (sebelas) orang.  Kemudian masing-masing tim dibimbing oleh seorang instruktur untuk mengikuti berbagai macam kegiatan dan permainan outbound; diantaranya Gentong Bocor (menutup lubang-lubang yang ada pada sebuah gentong kemudian diisi air sebanyak-banyaknya), Water Zone (mendayung perahu yang dibuat dari rangkaian ban dan mengambil bola-bola yang ada di kolam/danau), dan Paralon Ball (memindahkan bola melalui rangkaian pipa paralon yang dipotong-potong).  Di akhir kegiatan, instruktur menjelaskan makna dan tujuan dari permainan-permainan ini :

  1. Gentong Bocor
    Dalam permainan ini, yang paling dibutuhkan adalah strategi dan pengorbanan masing-masing anggota tim.  Hal ini bisa dianalogikan dalam pekerjaan sehari-hari, dimana dibutuhkan sinergi/kerjasama, strategi, dan pengorbanan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, tepat sasaran, efektif, efisien, dan menemukan solusi tepat terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pekerjaan.
    Gentong Bocor
  2. Water Zone
    Permainan ini menerapkan aturan-aturan tertentu dan membutuhkan strategi untuk berhasil.  Selain itu, anggota tim dituntut untuk berkreasi dalam mencapai tujuan.  Dalam pekerjaan sehari-hari, diperlukan kreativitas dari para pegawai dalam penyelesaian pekerjaan dan penyelesaian masalah.  Namun kreativitas tersebut masih dalam batas atau koridor peraturan yang berlaku.
  3. Paralon Ball
    Rangkaian permainan ini menuntut strategi yang matang dan kesabaran.  Dalam pekerjaan sehari-hari, diperlukan kesabaran menghadapi para petugas Satker dan bank mitra kerja KPPN, termasuk kesabaran dalam menghadapi sesama rekan kerja, dan yang terpenting adalah kesabaran menghadapi emosi diri yang bisa juga disebabkan oleh beban kerja dan tuntutan pekerjaan.
    Paralon Ball

Chicken Dance
The Vampire

Sore hari, di akhir acara, para pegawai KPPN Medan I beserta para instruktur dari Kampung Ladang Outbound Camp berkumpul untuk membahas kegiatan outbound hari itu, dilanjutkan berfoto bersama, dan berpamitan.



Terima kasih kepada pihak-pihak dibawah ini yang telah mensukseskan acara Sosialisasi SPAN Pegawai KPPN Medan I di Kampung Ladang Outbound Camp :

  1. Kepala KPPN Medan I, Ibu Ria Hot Juanita Simbolon;
  2. Duta SPAN Unit KPPN Medan I, Ibu Febe Debora Sinlaeloe;
  3. para pegawai KPPN Medan I;
  4. para instruktur Kampung Ladang Outbound Camp : Bang Gembong, Bang Riki, Epi, dan lainnya).
Mari bersinergi untuk solusi terbaik.  Together everyone achieve more.
Staf Front Office Seksi Pencairan Dana KPPN Medan I.

1 komentar:

  1. Keren abis... yang pasti pengen kegiatan yang seru2 lagi nih... fresh..fresh.!! menyambut tutup tahun 2012.. tetap semangat !!

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar, pertanyaan, maupun tanggapan mengenai artikel kami. Harap menjaga etika berkomentar, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan tidak mengandung unsur SARA dan diskriminatif. Terima kasih.